
PROGRAM TAHUNAN
MATA PELAJARAN
BAHASA INDONESIA
KELAS I SEMESTER I DAN II
SEKOLAH DASAR
(SD)/MADRASAH
IBTIDAIYAH (MI)
PROGRAM TAHUNAN
TAHUN PELAJARAN : ................................
SEKOLAH :
……………………
MATA PELAJARAN : BAHASA
INDONESIA
KELAS : I (SATU)
SEMESTER : I
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Alokasi Waktu
|
Keterangan
|
|
Mendengarkan
1. Memahami bunyi bahasa,
perintah, dan dongeng yang dilisankan
|
1.1
1.2
1.3 |
Membedakan
berbagai bunyi bahasa
Melaksanakan
sesuatu sesuai dengan perintah atau petunjuk sederhana
Menyebutkan tokoh-tokoh dalam cerita
|
8
4
4
|
|
Berbicara
2. Mengungkapkan
pikiran, perasaan, dan informasi,
secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan benda dan fungsi anggota
tubuh, dan deklamasi
|
2.1
2.2
2.3
2.4
|
Memperkenalkan diri sendiri
dengan kalimat sederhana dan bahasa yang santun
Menyapa orang lain dengan menggunakan kalimat sapaan yang tepat dan bahasa yang santun
Mendeskipsikan
benda-benda di sekitar dan fungsi
anggota tubuh dengan kalimat sederhana
Mendeklamasikan puisi anak dengan lafal dan intonasi
yang sesuai
|
4
4
6
6
|
|
Membaca
3. Memahami teks pendek dengan membaca nyaring
|
3.1
3.2
|
Membaca nyaring suku kata dan
kata dengan lafal yang tepat
Membaca nyaring kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang
tepat
|
6
6
|
|
Menulis
4.
Menulis permulaan dengan menjiplak, menebalkan,
mencontoh, melengkapi, dan menyalin
|
4.1
4.2
4.3
4.4
4.5
|
Menjiplak
berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan
bentuk huruf
Menebalkan berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan
bentuk huruf
Mencontoh
huruf, kata, atau kalimat sederhana
dari buku atau papan tulis dengan benar
Melengkapi kalimat yang belum selesai berdasarkan gambar
Menyalin puisi anak sederhana dengan huruf
lepas
|
4
4
4
6
4
|
68
KELAS : I (SATU)
SEMESTER : II
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Alokasi Waktu
|
Keterangan
|
|
Mendengarkan
5.Memahami
wacana lisan tentang deskripsi benda-benda di sekitar dan dongeng
|
5.1
5.2
|
Mengulang deskripsi tentang benda-benda di
sekitar
Menyebutkan isi dongeng
|
10
8
|
|
Berbicara
6. Mengungkapkan pikiran,
perasaan, dan informasi secara lisan dengan gambar, percakapan sederhana, dan
dongeng
|
6.1
6.2
6.3
6.4
|
Menjelaskan isi gambar tunggal
atau gambar seri sederhana dengan
bahasa yang mudah dimengerti
Melakukan percakapan sederhana dengan
Menggunakan kalimat dan
kosakata yang sudah dikuasai
Menyampaikan rasa suka atau
tidak suka tentang suatu hal atau
kegiatan dengan alasan sederhana
|
6
4
6
4
|
|
Membaca
7. Memahami teks pendek
dengan membaca lancar dan membaca
puisi anak
|
7.1
7.2
|
Membaca
lancar beberapa kalimat sederhana yang terdiri atas 3-5 kata dengan intonasi
yang tepat
Membaca
puisi anak yang terdiri atas
2-4 baris dengan lafal dan intonasi yang tepat
|
10
8
|
|
Menulis
8.
Menulis
permulaan dengan huruf tegak
bersambung melalui kegiatan dikte dan
menyalin
|
8.1
8.2
|
Menulis kalimat sederhana yang
didiktekan guru dengan huruf tegak
bersambung
Menyalin puisi anak dengan
huruf tegak bersambung
|
10
6
|
|
JUMLAH
|
72
|
……,
………..
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
NIP: ………..

PROGRAM TAHUNAN
MATA PELAJARAN
BAHASA INDONESIA
KELAS II SEMESTER I DAN II
SEKOLAH DASAR
(SD)/MADRASAH
IBTIDAIYAH (MI)
PROGRAM TAHUNAN
TAHUN PELAJARAN : ................................
SEKOLAH :
……………………
MATA PELAJARAN :
BAHASA INDONESIA
KELAS : I I (DUA)
SEMESTER : 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Alokasi Waktu
|
Keterangan
|
||
1.
|
Mendengarkan
Memahami
teks pendek dan puisi anak yang dilisankan
|
1.1
1.2
|
Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek
Mendeskripsikan isi puisi
|
4
6
|
|
2.
|
Berbicara
Mengungkapkan
pikiran, perasaan, dan pengalaman secara lisan melalui kegiatan bertanya, bercerita,
dan deklamasi
|
2.1
2.2
2.3
|
Bertanya kepada orang lain dengan menggunakan pilihan kata yngtepat dan santun berbahasa
Menceritakan kegiatan sehari-hari dengan bahasa yang mudah dipahami orang lain
Mendeklamasikan
puisi dengan ekspresi yang tepat
|
4
4
6
|
|
3.
|
Membaca
Memahami teks pendek dengan
membaca lancar dan membaca puisi anak
|
3.1
3.2
|
Menyimpulkan isi
teks pendek (10-15 kalimat) yang
dibaca dengan membaca lancar
Menjelaskan isi puisi anak yang dibaca
|
10
8
|
|
4.
|
Menulis
Menulis permulaan
melalui kegiatan melengkapi cerita dan dikte
|
4.1
4.2
|
Melengkapi cerita
sederhana dengan kata yang tepat
Menulis kalimat sederhana yang
didiktekan guru dengan menggunakan
huruf tegak bersambung dan memperhatikan penggunaan huruf kapital dan tanda
titik
|
12
14
|
KELAS II
SEMESTER II
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
||||||
5
|
Mendengarkan
Memahami
pesan pendek dan dongeng yang dilisankan
|
5.1
5.2
|
Menyampaikan pesan pendek yang didengarnya
kepada orang lain
Menceritakan kembali isi dongeng yang
didengarnya
|
8
6
|
|||
6.
|
Berbicara
Mengungkapkan secara lisan beberapa informasi dengan
mendeskripsikan benda dan bercerita
|
6.1
6.2
|
Mendeskripsikan
tumbuhan atau binatang di sekitar sesuai ciri-cirinya dengan menggunakan
kalimat yang mudah dipahami orang lain
Menceritakan kembali cerita anak yang didengarkan dengan menggunakan
kata-kata sendiri
|
8
6
|
|||
7.
|
Membaca
Memahami ragam wacana
tulis dengan membaca nyaring dan membaca dalam hati
|
7.1
7.2
|
Membaca nyaring
teks (15-20 kalimat) dengan memperhatikan lafal dan intonasi
yang tepat
Menyebutkan
isi teks agak panjang (20-25 kalimat) yang dibaca dalam hati
|
10
12
|
|||
8
|
Menulis
Menulis permulaan
dengan mendeskripsikan benda di
sekitar dan menyalin puisi anak
|
8.1
8.2
|
Mendeskripsikan tumbuhan atau binatang di sekitar secara
sederhana dengan bahasa tulis
Menyalin puisi anak
dengan huruf tegak bersambung yang rapi
|
10
12
|
|||
JUMLAH
|
72
|
||||||
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
NIP: ……….. NIP:
……

PROGRAM TAHUNAN
MATA PELAJARAN
BAHASA INDONESIA
KELAS III SEMESTER I DAN II
SEKOLAH DASAR (SD)/MADRASAH
IBTIDAIYAH (MI)
PROGRAM TAHUNAN
TAHUN PELAJARAN : ................................
SEKOLAH :
……………………
MATA PELAJARAN :
BAHASA INDONESIA
KELAS : I I I
(TIGA)
SEMESTER : I
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Alokasi Waktu
|
Keterangan
|
||
1.
|
Mendengarkan
Memahami penjelasan
tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan
|
1.1
1.2
|
Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang
disampaikan secara lisan
Mengomentari tokoh-tokoh cerita
anak yang disampaikan secara lisan
|
4
4
|
|
2.
|
Berbicara
Mengungkapkan pikiran,
perasaan, pengalaman, dan petunjuk dengan bercerita dan memberikan
tanggapan/saran
|
2.1
2.2
2.3
|
Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan
kalimat yang runtut dan mudah
dipahami
Menjelaskan urutan
membuat atau melakukan sesuatu dengan kalimat yang runtut dan mudah
dipahami
Memberikan tanggapan dan saran sederhana terhadap suatu masalah
dengan menggunakan kalimat yang runtut dan pilihan kata yang tepat
|
4
4
6
|
|
3.
|
Membaca
Memahami teks dengan membaca nyaring, membaca intensif,
dan membaca dongeng
|
3.1
3.2
3.3
|
Membaca nyaring
teks (20-25 kalimat) dengan lafal dan intonasi yang tepat
Menjelaskan isi teks
(100- 150 kata) melalui membaca intensif
Menceritakan isi dongeng yang dibaca
|
8
10
6
|
|
4.
|
Menulis
Mengungkapkan pikiran,
perasaan, dan informasi dalam bentuk
paragraf
dan puisi
|
4.1
4.2
|
Menyusun paragraf
berdasarkan bahan yang tersedia dengan memperhatikan
penggunaan ejaan
Melengkapi puisi anak
berdasarkan gambar
|
12
10
|
68
KELAS : I I I
(TIGA)
SEMESTER :II
Standar Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Alokasi waktu
|
Keterangan
|
|||
5.
|
Memahami cerita dan teks drama anak yang dilisankan
|
5.1
5.2
|
Memberikan tanggapan
sederhana tentang cerita pengalaman teman yang didengarnya
Menirukan dialog dengan ekspresi yang tepat dari pembacaan
teks drama anak yang didengarnya
|
6
6
|
||
6.
|
Mengungkapkan
pikiran, perasaan, dan pengalaman
secara lisan dengan bertelepon dan bercerita
|
6.1
6.2
|
Melakukan percakapan
melalui telepon/alat komunikasi sederhana dengan menggunakan kalimat ringkas
Menceritakan peristiwa
yang pernah dialami, dilihat, atau didengar
|
6
6
|
||
7.
|
Memahami teks dengan membaca
intensif (150-200 kata) dan membaca puisi
|
7.1
7.2
|
Menjawab dan atau mengajukan
pertanyaan tentang isi teks agak panjang (150-200 kata) yang dibaca secara intensif
Membaca puisi dengan lafal, intonasi, dan
ekspresi yang tepat
|
10
12
|
||
8.
|
Mengungkapkan pikiran,
perasaan, dan informasi dalam karangan sederhana dan puisi
|
8.1
8.2
|
Menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri menggunakan
pilihan kata dan kalimat yang tepat dengan memperhatikan penggunaan ejaan,
huruf kapital, dan tanda titik
Menulis puisi berdasarkan gambar dengan pilihan
kata yang menarik
|
12
14
|
||
JUMLAH
|
72
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
NIP: ……….. NIP:
……….

PROGRAM TAHUNAN
MATA PELAJARAN
BAHASA INDONESIA
KELAS IV SEMESTER I DAN II
SEKOLAH DASAR
(SD)/MADRASAH
IBTIDAIYAH (MI)
PROGRAM TAHUNAN
TAHUN PELAJARAN : ................................
SEKOLAH :
……………………
MATA PELAJARAN :
BAHASA INDONESIA
KELAS : I V
SEMESTER : 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Alokasi Waktu
|
Keterangan
|
||
1.
|
Mendengarkan
penjelasan tentang petunjuk denah dan simbol daerah/lambang korps
|
1.1
1.2
|
Membuat gambar/denah berdasarkan penjelasan yang didengar
Menjelaskan kembali secara lisan atau tulis penjelasan
tentang simbol daerah/lambang korps
|
10
8
|
|
2.
|
Mendeskripsikan
secara lisan tempat sesuai denah dan petunjuk penggunaan suatu alat
|
2.1
2.2
|
Mendeskripsikan tempat sesuai dengan
denah atau gambar dengan kalimat yang runtut
Menjelaskan petunjuk penggunaan suatu alat dengan bahasa yang baik dan benar
|
8
8
|
|
3.
|
Memahami teks
agak panjang (150-200 kata), petunjuk pemakaian, makna kata dalam
kamus/ensiklopedi
|
3.1
3.2
3.3
|
Menemukan pikiran pokok teks agak panjang (150-200
kata) dengan cara membaca sekilas
Melakukan
sesuatu berdasarkan petunjuk pemakaian yang dibaca
Menemukan
makna dan informasi secara tepat dalam kamus/ensiklopedi melalui
membaca memindai
|
12
8
12
|
|
4.
|
Mengungkapkan
pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk percakapan, petunjuk, cerita, dan surat
|
4.1
4.2
4.3
4.4
|
Melengkapi percakapan yang belum selesai
dengan memperhatikan penggunaan ejaan (tanda titik dua, dan tanda petik)
Menulis petunjuk untuk melakukan sesuatu
atau penjelasan tentang cara membuat sesuatu
Melengkapi bagian cerita yang hilang
(rumpang) dengan menggunakan kata/kalimat yang tepat sehingga menjadi cerita yang padu
Menulis surat untuk teman sebaya tentang
pengalaman atau cita-cita dengan bahasa yang baik dan benar dan memperhatikan penggunaan ejaan (huruf
besar, tanda titik, tanda koma, dll.)
|
10
8
8
10
|
102
Kelas IV, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Alokasi Waktu
|
|||||||
5.
|
Mendengarkan
Mendengarkan pengumuman dan pembacaan pantun
|
5.1
5.2
|
Menyampaikan kembali isi pengumuman yang dibacakan
Menirukan pembacaan pantun anak dengan lafal dan intonasi yang tepat
|
8
10
|
|||||
6.
|
Berbicara
Mengungkapkan
pikiran, perasaan, dan informasi
dengan berbalas pantun dan bertelepon
|
6.1
6.2
|
Berbalas pantun dengan lafal dan intonasi
yang tepat
Menyampaikan pesan yang diterima
melalui telepon sesuai dengan isi pesan
|
10
8
|
|||||
7.
|
Membaca
Memahami
teks melalui membaca intensif, membaca nyaring, dan membaca pantun
|
7.1
7.2
7.3
|
Menemukan kalimat utama pada tiap paragraf melalui membaca
intensif
Membaca nyaring suatu pengumuman dengan lafal dan intonasi yang tepat
Membaca
pantun anak secara berbalasan dengan
lafal dan intonasi yang tepat
|
12
10
12
|
|||||
8.
|
Menulis
Mengungkapkan
pikiran, perasaan, dan informasi
secara tertulis dalam bentuk karangan, pengumuman,
dan pantun anak
|
8.1
8.2
8.3
|
Menyusun karangan tentang berbagai topik sederhana
dengan memperhatikan penggunaan ejaan (huruf besar, tanda titik, tanda koma,
dll.)
Menulis
pengumuman dengan bahasa yang baik dan benar serta memperhatikan penggunaan
ejaan
Membuat
pantun anak yang menarik tentang berbagai tema (persahabatan, ketekunan,
kepatuhan, dll.) sesuai dengan ciri-ciri pantun
|
14
12
12
|
|||||
JUMLAH
|
108
|
||||||||
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
NIP: ……….. NIP:
……….

PROGRAM TAHUNAN
MATA PELAJARAN
BAHASA INDONESIA
KELAS V SEMESTER I DAN II
SEKOLAH DASAR
(SD)/MADRASAH
IBTIDAIYAH (MI)
PROGRAM TAHUNAN
TAHUN PELAJARAN : ................................
SEKOLAH :
……………………
MATA PELAJARAN :
BAHASA INDONESIA
KELAS : V
SEMESTER : I
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar |
Alokasi Waktu
|
Keterangan
|
||
1.
|
Mendengarkan
Memahami penjelasan narasumber
dan cerita rakyat secara lisan
|
1.1
1.2
|
Menanggapi penjelasan narasumber (petani, pedagang, nelayan, karyawan, dll.)
dengan memperhatikan santun berbahasa
Mengidentifikasi unsur cerita tentang cerita rakyat yang
didengarnya
|
8
8
|
|
2.
|
Berbicara
Mengungkapkan pikiran,
pendapat, perasaan, fakta secara lisan
dengan menanggapi suatu persoalan, menceritakan hasil pengamatan, atau berwawancara
|
2.1
2.2
2.3
|
Menanggapi suatu persoalan atau peristiwa dan
memberikan saran pemecahannya dengan
memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa
Menceritakan hasil pengamatan/kunjungan dengan bahasa runtut, baik, dan benar
Berwawancara sederhana dengan
narasumber (petani, pedagang, nelayan,
karyawan, dll.) dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa
|
10
8
10
|
|
2.
|
Membaca
Memahami
teks dengan membaca teks percakapan, membaca cepat 75 kata/menit, dan membaca
puisi
|
3.1
3.2
3.3
|
Membaca teks percakapan dengan lafal dan intonasi
yang tepat
Menemukan gagasan utama suatu teks yang
dibaca dengan kecepatan 75 kata per
menit
Membaca puisi dengan lafal dan intonasi yang
tepat
|
8
12
8
|
|
4.
|
Menulis
Mengungkapkan
pikiran, perasaan, informasi, dan pengalaman secara tertulis dalam bentuk karangan, surat undangan, dan dialog tertulis
|
4.1
4.2
4.3
|
Menulis karangan berdasarkan pengalaman
dengan memperhatikan pilihan kata dan
penggunaan ejaan
Menulis surat undangan (ulang tahun,
acara agama, kegiatan sekolah, kenaikan kelas, dll.) dengan kalimat efektif
dan memperhatikan penggunaan ejaan
Menulis dialog sederhana antara dua
atau tiga tokoh dengan memperhatikan
isi serta perannya
|
8
12
10
|
102
Kelas V,
Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
|||||
5.
|
Mendengarkan
Memahami cerita tentang suatu peristiwa dan cerita pendek anak yang
disampaikan secara lisan
|
5.1
5.2
|
Menanggapi cerita tentang peristiwa yang terjadi di sekitar yang disampaikan
secara lisan
Mengidentifikasi unsur cerita (tokoh, tema,
latar, amanat)
|
8
12
|
||
6.
|
Berbicara
Mengungkapkan
pikiran dan perasaan secara lisan
dalam diskusi dan bermain drama
|
6.1
6.2
|
Mengomentari persoalan faktual disertai alasan yang
mendukung dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa
Memerankan tokoh drama dengan lafal,
intonasi, dan ekspresi yang tepat
|
14
12
|
||
7.
|
Membaca
Memahami teks dengan membaca sekilas, membaca memindai, dan membaca
cerita anak
|
7.1
7.2
7.3
|
Membandingkan
isi dua teks yang dibaca dengan membaca
sekilas
Menemukan
informasi secara cepat dari berbagai teks khusus (buku petunjuk telepon,
jadwal perjalanan, daftar susunan acara, daftar menu, dll.) yang dilakukan
melalui membaca memindai
Menyimpulkan isi cerita anak dalam
beberapa kalimat
|
12
14
10
|
||
8.
|
Menulis
Mengungkapkan
pikiran, perasaan, informasi, dan fakta secara tertulis dalam bentuk ringkasan, laporan, dan puisi bebas
|
8.1
8.2
8.3
|
Meringkas isi buku yang dipilih sendiri dengan memperhatikan penggunaan ejaan
Menulis laporan pengamatan atau
kunjungan berdasarkan tahapan (catatan, konsep awal, perbaikan, final) dengan
memperhatikan penggunaan ejaan
Menulis puisi bebas dengan pilihan kata
yang tepat
|
8
10
8
|
||
JUMLAH
|
108
|
|||||
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
NIP: ……….. NIP:
……….

PROGRAM TAHUNAN
MATA PELAJARAN
BAHASA INDONESIA
KELAS VI SEMESTER I DAN II
SEKOLAH DASAR
(SD)/MADRASAH
IBTIDAIYAH (MI)
PROGRAM TAHUNAN
TAHUN PELAJARAN : ................................
SEKOLAH :
……………………
MATA PELAJARAN :
BAHASA INDONESIA
KELAS : VI (ENAM)
SEMESTER : I
Standar Kompetensi |
Kompetensi Dasar |
Alokasi Waktu
|
Keterangan
|
||
1.
|
Mendengarkan
Memahami
teks dan cerita anak yang dibacakan
|
1.1
1.2
|
Menulis hal-hal penting/pokok dari suatu teks yang dibacakan
Mengidentifikasi tokoh, watak
, latar, tema atau amanat dari cerita anak yang dibacakan
|
10
10
|
|
2.
|
Berbicara
Memberikan informasi dan tanggapan secara lisan
|
2.1
2.2
|
Menyampaikan pesan/informasi yang diperoleh dari
berbagai media dengan bahasa yang
runtut, baik dan benar
Menanggapi
(mengkritik/memuji) sesuatu hal disertai
alasan dengan menggunakan bahasa yang santun
|
8
10
|
|
3.
|
Membaca
Memahami teks dengan membaca intensif dan membaca sekilas
|
3.1
3.2
|
Mendeskripsikan isi dan teknik
penyajian suatu laporan hasil pengamatan/kunjungan
Menanggapi informasi dari kolom/rubrik khusus (majalah anak, koran, dll.)
|
12
10
|
|
4.
|
Menulis
Mengungkapkan pikiran,
perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk formulir,
ringkasan, dialog, dan parafrase
|
4.1
4.2
4.3
4.4
|
Mengisi formulir (pendaftaran, kartu anggota, wesel pos,
kartu pos, daftar riwayat hidup, dll.)
dengan benar
Membuat ringkasan dari teks yang dibaca atau yang didengar
Menyusun percakapan
tentang berbagai topik dengan memperhatikan penggunaan ejaan
Mengubah puisi ke dalam bentuk prosa dengan tetap
memperhatikan makna puisi
|
8
8
10
16
|
JUMLAH 102
Kelas VI, Semester 2
Standar Kompetensi |
Kompetensi Dasar |
Alokasi Waktu
|
Keterangan
|
|||
5.
|
Mendengarkan
Memahami
wacana lisan tentang berita dan drama pendek
|
5.1
5.2
|
Menyimpulkan isi berita yang didengar dari televisi atau
radio
Menceritakan isi drama pendek yang disampaikan secara lisan
|
8
10
|
||
6.
|
Berbicara
Mengungkapkan pikiran,
perasaan, dan informasi dengan berpidato, melaporkan
isi buku, dan baca puisi
|
6.1
6.2
6.3
|
Berpidato atau presentasi untuk berbagai keperluan (acara
perpisahan, perayaan ulang tahun, dll.) dengan lafal, intonasi, dan sikap yang tepat
Melaporkan
isi buku yang dibaca (judul, pengarang, jumlah
halaman, dan isi) dengan kalimat yang runtut
Membacakan puisi karya sendiri dengan ekspresi yang tepat
|
12
12
10
|
||
7.
|
Membaca
Memahami teks dengan membaca
intensif dan membaca teks drama
|
7.1
7.2
|
Menemukan
makna tersirat suatu teks melalui membaca intensif
Mengidentifikasi berbagai unsur (tokoh, sifat, latar, tema, jalan cerita,
dan amanat) dari teks drama anak
|
16
14
|
||
8.
|
Menulis
Mengungkapkan pikiran dan
informasi secara tertulis dalam
bentuk naskah
pidato dan surat resmi
|
8.1
8.2
|
Menyusun naskah pidato/sambutan
(perpisahan, ulang tahun, perayaan sekolah, dll.) dengan
bahasa yang baik dan benar, serta
memperhatikan penggunaan ejaan
Menulis surat
resmi dengan memperhatikan pilihan kata sesuai dengan orang yang dituju
|
14
12
|
||
JUMLAH
|
108
|
|||||
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
NIP: ……….. NIP:
……….
Tidak ada komentar:
Posting Komentar