Laman

Selasa, 05 Januari 2016

PROTA Sekolah Dasar













PROGRAM TAHUNAN








MATA PELAJARAN
BAHASA INDONESIA

KELAS I SEMESTER I DAN II





SEKOLAH DASAR (SD)/MADRASAH
IBTIDAIYAH (MI)







PROGRAM TAHUNAN
TAHUN PELAJARAN : ................................

SEKOLAH : ……………………
MATA PELAJARAN : BAHASA INDONESIA
KELAS : I (SATU)
SEMESTER : I
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Alokasi Waktu
Keterangan
Mendengarkan
1.      Memahami bunyi bahasa, perintah, dan  dongeng yang dilisankan

1.1

1.2



 1.3


Membedakan berbagai bunyi bahasa

Melaksanakan sesuatu sesuai dengan perintah atau petunjuk sederhana

Menyebutkan  tokoh-tokoh dalam cerita



8


4




4


Berbicara
  2.  Mengungkapkan pikiran, perasaan,  dan informasi, secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan benda dan fungsi anggota tubuh,  dan deklamasi   



2.1


2.2




2.3



2.4

Memperkenalkan diri sendiri dengan kalimat sederhana dan bahasa yang santun
Menyapa orang lain  dengan menggunakan kalimat  sapaan yang tepat dan bahasa yang santun
Mendeskipsikan benda-benda di sekitar dan  fungsi anggota tubuh dengan kalimat sederhana
Mendeklamasikan puisi anak dengan lafal dan intonasi yang sesuai


4



4




6




6

Membaca
3.  Memahami teks pendek dengan membaca nyaring  

3.1

3.2
Membaca nyaring suku kata dan kata dengan lafal yang tepat
Membaca nyaring kalimat  sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat
6



6


Menulis
4.   Menulis permulaan dengan menjiplak, menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin 
4.1

4.2


4.3

4.4

4.5
Menjiplak berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf
Menebalkan  berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf
Mencontoh huruf, kata, atau kalimat sederhana  dari buku atau papan tulis dengan benar
Melengkapi kalimat yang belum selesai berdasarkan gambar
 Menyalin puisi anak sederhana dengan huruf lepas
4




4


4



6

4



                                                                                                                  68
KELAS : I (SATU)                                                                                 
SEMESTER :  II
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Alokasi Waktu
Keterangan
Mendengarkan
5.Memahami wacana lisan tentang deskripsi benda-benda di sekitar dan dongeng
5.1


5.2
 Mengulang deskripsi tentang benda-benda di sekitar
Menyebutkan  isi dongeng

10

8


Berbicara
6.   Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan gambar, percakapan sederhana, dan dongeng 


6.1


6.2

6.3

6.4
   

Menjelaskan isi gambar tunggal atau gambar seri  sederhana dengan bahasa yang mudah dimengerti
 Melakukan percakapan sederhana dengan
Menggunakan kalimat dan kosakata yang sudah dikuasai

Menyampaikan rasa suka atau tidak suka  tentang suatu hal atau kegiatan dengan alasan sederhana


6




4

6




4







Membaca

7.      Memahami teks pendek dengan membaca  lancar dan membaca puisi anak






7.1


7.2

      Membaca  lancar beberapa kalimat sederhana yang terdiri atas 3-5 kata dengan intonasi yang tepat
   Membaca  puisi anak yang terdiri  atas 2-4 baris dengan lafal dan intonasi yang tepat
10



8


Menulis
8.    Menulis permulaan dengan huruf  tegak bersambung melalui kegiatan dikte  dan  menyalin   

8.1


8.2
Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf  tegak bersambung
Menyalin puisi anak dengan huruf tegak bersambung
10



6

JUMLAH


72




                                                                                                ……, ………..
Mengetahui,

Kepala Sekolah                                                                     Guru  Mata Pelajaran
NIP: ………..                                                










PROGRAM TAHUNAN








MATA PELAJARAN
BAHASA INDONESIA

KELAS II  SEMESTER I DAN II





SEKOLAH DASAR (SD)/MADRASAH
IBTIDAIYAH (MI)













PROGRAM TAHUNAN
TAHUN PELAJARAN : ................................

SEKOLAH : ……………………
MATA PELAJARAN : BAHASA INDONESIA
KELAS : I I (DUA)
SEMESTER : 1

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Alokasi Waktu
Keterangan

1.
Mendengarkan
Memahami teks pendek dan puisi anak yang dilisankan

1.1



1.2
Menyebutkan kembali dengan  kata-kata atau kalimat  sendiri isi teks pendek    
Mendeskripsikan isi puisi
4





6





2.
Berbicara
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan pengalaman secara lisan melalui kegiatan bertanya, bercerita, dan deklamasi


2.1







2.2







2.3
     Bertanya kepada orang lain dengan menggunakan  pilihan kata yngtepat dan santun berbahasa
     Menceritakan kegiatan sehari-hari  dengan bahasa yang  mudah dipahami orang lain
Mendeklamasikan puisi dengan  ekspresi yang tepat

4







4







6






3.    
Membaca
Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak 



3.1




3.2
             Menyimpulkan isi teks pendek (10-15 kalimat)  yang dibaca dengan membaca lancar  
             Menjelaskan isi puisi anak yang dibaca
10








8











4.
Menulis
Menulis permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita dan   dikte


4.1


4.2
      
Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat
Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru  dengan menggunakan huruf tegak bersambung dan memperhatikan penggunaan huruf kapital dan tanda titik


12



14



KELAS II
SEMESTER II
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar



5
Mendengarkan
Memahami pesan   pendek dan dongeng yang dilisankan

5.1





5.2
  Menyampaikan pesan pendek yang didengarnya kepada orang lain

  Menceritakan kembali isi dongeng yang didengarnya   
8





6



6.
Berbicara
Mengungkapkan secara lisan beberapa informasi dengan mendeskripsikan benda dan  bercerita


6.1










6.2
  Mendeskripsikan tumbuhan atau binatang di sekitar sesuai ciri-cirinya dengan menggunakan kalimat yang mudah dipahami orang lain
  Menceritakan kembali cerita  anak yang didengarkan dengan menggunakan kata-kata sendiri

8











6


















7.
Membaca
Memahami ragam wacana tulis dengan membaca nyaring dan membaca dalam hati  

 7.1





7.2
Membaca nyaring teks  (15-20 kalimat)  dengan memperhatikan lafal dan intonasi yang tepat
Menyebutkan isi teks agak panjang (20-25 kalimat) yang dibaca dalam hati   

10





12



8
Menulis
Menulis permulaan dengan mendeskripsikan  benda di sekitar dan menyalin puisi anak

8.1






8.2
Mendeskripsikan  tumbuhan atau binatang di sekitar secara sederhana dengan  bahasa tulis
Menyalin puisi anak dengan huruf tegak bersambung yang rapi

10





12


JUMLAH


       
72











Mengetahui,

Kepala Sekolah                                                                     Guru  Mata Pelajaran

NIP: ………..                                                                         NIP: ……








PROGRAM TAHUNAN








MATA PELAJARAN
BAHASA INDONESIA

KELAS III  SEMESTER I DAN II





SEKOLAH DASAR (SD)/MADRASAH
IBTIDAIYAH (MI)













PROGRAM TAHUNAN
TAHUN PELAJARAN : ................................

SEKOLAH : ……………………
MATA PELAJARAN : BAHASA INDONESIA
KELAS : I I I (TIGA)
SEMESTER : I

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Alokasi Waktu
Keterangan


1.
Mendengarkan
Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan

1.1           




1.2
Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara lisan
Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang disampaikan secara lisan
4






4







2.
Berbicara
Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman, dan petunjuk dengan bercerita dan memberikan tanggapan/saran  


2.1









2.2           









2.3

Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan kalimat yang runtut  dan mudah dipahami 
Menjelaskan urutan membuat atau melakukan sesuatu dengan kalimat yang runtut dan mudah dipahami 
Memberikan tanggapan dan saran sederhana terhadap suatu masalah dengan menggunakan kalimat yang runtut dan pilihan kata yang tepat


4









4











6










3.
Membaca
Memahami teks  dengan membaca nyaring, membaca intensif, dan membaca dongeng



3.1           





3.2




3.3           

Membaca nyaring teks (20-25 kalimat) dengan lafal dan intonasi yang tepat 
Menjelaskan isi teks (100- 150 kata) melalui   membaca intensif
Menceritakan isi dongeng yang dibaca   


8






10





6




4.
Menulis
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi  dalam bentuk paragraf dan puisi



4.1           






4.2

Menyusun paragraf berdasarkan  bahan   yang tersedia dengan memperhatikan penggunaan ejaan
Melengkapi puisi anak  berdasarkan gambar


12








10

          68
                                                                                                 
KELAS : I I I (TIGA)
SEMESTER :II
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Alokasi waktu
Keterangan



5.
Memahami cerita  dan teks drama anak yang dilisankan



5.1






5.2           

Memberikan tanggapan sederhana tentang cerita pengalaman teman yang didengarnya
      Menirukan dialog dengan ekspresi yang tepat dari pembacaan teks drama anak  yang didengarnya  


6







6













6.
Mengungkapkan pikiran,  perasaan, dan pengalaman secara lisan dengan  bertelepon dan bercerita



6.1           








6.2

Melakukan percakapan melalui telepon/alat komunikasi sederhana dengan menggunakan kalimat ringkas
      Menceritakan peristiwa  yang pernah dialami, dilihat, atau didengar


6










6




7.
Memahami teks dengan membaca intensif (150-200 kata) dan membaca puisi


7.1










7.2           

      Menjawab dan atau mengajukan  pertanyaan tentang isi teks agak panjang (150-200  kata) yang dibaca secara intensif
Membaca puisi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi  yang tepat


10










12








8.
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam karangan sederhana dan puisi


8.1















8.2







      Menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri menggunakan pilihan kata dan kalimat yang tepat dengan memperhatikan penggunaan ejaan, huruf kapital, dan tanda titik
Menulis puisi berdasarkan gambar dengan pilihan kata yang menarik


12

















14








 JUMLAH


72


Mengetahui,

Kepala Sekolah                                                                     Guru  Mata Pelajaran


NIP: ………..                                                                         NIP: ……….














































PROGRAM TAHUNAN








MATA PELAJARAN
BAHASA INDONESIA

KELAS IV  SEMESTER I DAN II





SEKOLAH DASAR (SD)/MADRASAH
IBTIDAIYAH (MI)













PROGRAM TAHUNAN
TAHUN PELAJARAN : ................................

SEKOLAH : ……………………
MATA PELAJARAN : BAHASA INDONESIA
KELAS : I V
SEMESTER : 1
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Alokasi Waktu
Keterangan


1.
Mendengarkan penjelasan tentang petunjuk denah dan simbol daerah/lambang korps 



1.1




1.2

      Membuat gambar/denah berdasarkan penjelasan yang didengar
      Menjelaskan kembali secara lisan atau tulis penjelasan tentang simbol daerah/lambang korps


10





8




2.
Mendeskripsikan secara lisan tempat sesuai denah dan petunjuk penggunaan suatu alat


2.1





2.2

      Mendeskripsikan tempat sesuai dengan denah atau gambar dengan kalimat yang runtut
      Menjelaskan petunjuk penggunaan  suatu alat dengan bahasa yang baik dan benar


8






8









3.
Memahami teks agak panjang (150-200 kata), petunjuk pemakaian, makna kata dalam kamus/ensiklopedi

3.1







3.2





3.3             

      Menemukan pikiran pokok teks agak panjang (150-200 kata) dengan cara membaca sekilas
Melakukan sesuatu berdasarkan petunjuk pemakaian yang dibaca
Menemukan makna dan informasi  secara  tepat dalam kamus/ensiklopedi   melalui membaca  memindai


12







8






12










4.
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk percakapan,  petunjuk, cerita, dan surat



4.1








4.2







4.3









4.4

      Melengkapi percakapan yang belum selesai dengan memperhatikan penggunaan ejaan (tanda titik dua, dan tanda petik)
      Menulis petunjuk untuk melakukan sesuatu atau penjelasan tentang cara membuat sesuatu
      Melengkapi bagian cerita yang hilang (rumpang) dengan menggunakan kata/kalimat yang tepat  sehingga menjadi cerita yang padu
      Menulis surat untuk teman sebaya tentang pengalaman atau cita-cita dengan bahasa yang baik dan benar  dan memperhatikan penggunaan ejaan (huruf besar, tanda titik, tanda koma, dll.)


10









8







8










10














102
     



Kelas IV, Semester 2

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Alokasi Waktu





5.
Mendengarkan
Mendengarkan pengumuman dan pembacaan pantun  


5.1



5.2

        Menyampaikan kembali isi  pengumuman yang dibacakan
        Menirukan pembacaan pantun anak   dengan lafal dan intonasi yang tepat  


8




10






6.
Berbicara
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi  dengan berbalas pantun  dan bertelepon


6.1



6.2

        Berbalas pantun dengan lafal dan intonasi yang tepat
        Menyampaikan pesan yang diterima melalui telepon sesuai dengan isi pesan
  


10




8








7.
Membaca
Memahami teks melalui membaca intensif, membaca nyaring, dan membaca pantun


7.1




7.2






7.3           

        Menemukan kalimat utama  pada tiap paragraf melalui membaca intensif    

        Membaca nyaring suatu pengumuman dengan lafal dan intonasi yang tepat

Membaca pantun anak  secara berbalasan dengan lafal dan intonasi yang tepat


12






10





12












8.
Menulis
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi  secara tertulis dalam bentuk  karangan, pengumuman, dan pantun anak



8.1









8.2







8.3

        Menyusun  karangan tentang berbagai topik sederhana dengan memperhatikan penggunaan ejaan (huruf besar, tanda titik, tanda koma, dll.)
        Menulis pengumuman dengan bahasa yang baik dan benar serta memperhatikan penggunaan ejaan
        Membuat pantun anak yang menarik tentang berbagai tema (persahabatan, ketekunan, kepatuhan, dll.) sesuai dengan ciri-ciri pantun



14










12








12













 JUMLAH

          108












Mengetahui,

Kepala Sekolah                                                                     Guru  Mata Pelajaran


NIP: ………..                                                                         NIP: ……….






















PROGRAM TAHUNAN








MATA PELAJARAN
BAHASA INDONESIA

KELAS V  SEMESTER I DAN II





SEKOLAH DASAR (SD)/MADRASAH
IBTIDAIYAH (MI)






PROGRAM TAHUNAN
TAHUN PELAJARAN : ................................
SEKOLAH : ……………………
MATA PELAJARAN : BAHASA INDONESIA
KELAS : V
SEMESTER :  I
Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Alokasi Waktu
Keterangan


1.
Mendengarkan
Memahami  penjelasan narasumber dan cerita rakyat  secara lisan


1.1






1.2

       Menanggapi penjelasan narasumber  (petani, pedagang, nelayan, karyawan, dll.) dengan memperhatikan santun berbahasa
       Mengidentifikasi unsur cerita tentang cerita rakyat yang didengarnya


8







8







2.
Berbicara
Mengungkapkan pikiran, pendapat, perasaan, fakta  secara lisan dengan menanggapi suatu persoalan,  menceritakan hasil pengamatan, atau berwawancara  



2.1








2.2





2.3

       Menanggapi  suatu persoalan atau peristiwa dan memberikan saran pemecahannya  dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa
Menceritakan   hasil pengamatan/kunjungan  dengan bahasa runtut, baik, dan benar   
       Berwawancara sederhana dengan narasumber  (petani, pedagang, nelayan, karyawan, dll.) dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa 


10









8





10












2.
Membaca
Memahami teks dengan membaca teks percakapan, membaca cepat 75 kata/menit, dan membaca puisi

3.1



3.2






3.3           
      
Membaca  teks percakapan dengan lafal dan intonasi yang tepat
        Menemukan gagasan utama suatu teks yang dibaca dengan kecepatan 75 kata  per menit  
Membaca  puisi dengan lafal dan intonasi yang tepat 


8




12






8






4.
Menulis
Mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi, dan pengalaman secara tertulis dalam  bentuk karangan,  surat undangan, dan dialog tertulis


4.1






4.2








4.3


       Menulis karangan berdasarkan pengalaman dengan memperhatikan  pilihan kata dan penggunaan ejaan
       Menulis surat undangan (ulang tahun, acara agama, kegiatan sekolah, kenaikan kelas, dll.) dengan kalimat efektif dan memperhatikan penggunaan ejaan
       Menulis dialog sederhana antara dua atau tiga  tokoh dengan memperhatikan isi serta perannya


8







12









10


















     102
Kelas V, Semester  2
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar




5.
Mendengarkan
Memahami cerita tentang suatu peristiwa dan cerita pendek anak yang disampaikan secara lisan



5.1



5.2


       Menanggapi cerita tentang  peristiwa yang terjadi di sekitar yang  disampaikan secara lisan
 Mengidentifikasi unsur cerita (tokoh, tema, latar, amanat)   


8




12








6.
Berbicara
Mengungkapkan pikiran dan perasaan  secara lisan dalam diskusi dan bermain drama


6.1




6.2

       Mengomentari  persoalan faktual disertai alasan yang mendukung dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa
       Memerankan tokoh drama dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat


14





12






7.

Membaca
Memahami teks dengan membaca sekilas, membaca memindai, dan membaca cerita anak


7.1


7.2






7.3      

       Membandingkan isi  dua teks yang dibaca dengan membaca sekilas  
       Menemukan informasi secara cepat dari berbagai teks khusus (buku petunjuk telepon, jadwal perjalanan, daftar susunan acara, daftar menu, dll.) yang dilakukan melalui membaca memindai  
Menyimpulkan isi cerita anak dalam beberapa kalimat


12



14






10




8.
Menulis
Mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi, dan fakta secara tertulis dalam bentuk ringkasan, laporan, dan  puisi bebas

8.1



            8.2







8.3

Meringkas isi buku  yang dipilih sendiri  dengan memperhatikan penggunaan ejaan
       Menulis laporan pengamatan atau kunjungan berdasarkan tahapan (catatan, konsep awal, perbaikan, final) dengan memperhatikan penggunaan ejaan 
       Menulis puisi bebas dengan pilihan kata yang tepat


8




10







8


JUMLAH



108








Mengetahui,

Kepala Sekolah                                                                     Guru  Mata Pelajaran



NIP: ………..                                                                         NIP: ……….














PROGRAM TAHUNAN








MATA PELAJARAN
BAHASA INDONESIA

KELAS VI  SEMESTER I DAN II





SEKOLAH DASAR (SD)/MADRASAH
IBTIDAIYAH (MI)








PROGRAM TAHUNAN
TAHUN PELAJARAN : ................................

SEKOLAH : ……………………
MATA PELAJARAN : BAHASA INDONESIA
KELAS : VI (ENAM)
SEMESTER :  I
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Alokasi Waktu
Keterangan


1.
Mendengarkan
Memahami teks dan cerita anak yang dibacakan


1.1



1.2

       Menulis hal-hal penting/pokok dari suatu teks yang dibacakan   
       Mengidentifikasi tokoh, watak , latar, tema atau amanat dari cerita anak yang dibacakan


10



10










2.
Berbicara
Memberikan informasi dan tanggapan secara lisan  


2.1







2.2

       Menyampaikan  pesan/informasi yang diperoleh dari berbagai media  dengan bahasa yang runtut, baik dan benar
       Menanggapi (mengkritik/memuji)  sesuatu hal disertai alasan dengan menggunakan bahasa yang santun



8








10









3.

Membaca
Memahami teks dengan membaca intensif dan membaca sekilas  


3.1





3.2

       Mendeskripsikan isi dan teknik penyajian suatu laporan hasil pengamatan/kunjungan   
       Menanggapi informasi dari kolom/rubrik  khusus (majalah anak, koran, dll.)     


12





10



4.
Menulis
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk formulir, ringkasan, dialog, dan parafrase


4.1





4.2



4.3           




4.4





       Mengisi formulir (pendaftaran, kartu anggota, wesel pos, kartu pos,  daftar riwayat hidup, dll.) dengan benar
       Membuat ringkasan dari teks yang dibaca atau yang didengar
Menyusun percakapan tentang berbagai topik dengan memperhatikan penggunaan ejaan
       Mengubah puisi ke dalam bentuk prosa dengan tetap memperhatikan makna puisi


8






8




10




16


 JUMLAH                                                                                           102
Kelas  VI, Semester 2
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Alokasi Waktu
Keterangan


5.
Mendengarkan
Memahami wacana lisan tentang berita  dan drama pendek 


5.1




5.2

       Menyimpulkan  isi berita yang didengar dari televisi atau radio  
       Menceritakan isi  drama pendek yang disampaikan secara lisan


8





10







6.
Berbicara
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi  dengan berpidato, melaporkan isi buku, dan baca puisi 


6.1









6.2








6.3

       Berpidato atau presentasi untuk berbagai keperluan (acara perpisahan, perayaan ulang tahun, dll.) dengan  lafal, intonasi, dan sikap  yang tepat
Melaporkan isi  buku  yang dibaca (judul, pengarang, jumlah halaman, dan isi) dengan kalimat yang runtut
       Membacakan puisi  karya sendiri  dengan ekspresi yang tepat  


12










12









10








7.
Membaca
Memahami teks dengan   membaca intensif dan membaca teks drama


7.1




7.2

           

Menemukan makna tersirat suatu teks melalui membaca intensif  
       Mengidentifikasi berbagai unsur  (tokoh, sifat, latar, tema, jalan cerita, dan amanat) dari  teks drama anak  


16





14



8.
Menulis
Mengungkapkan pikiran dan informasi  secara tertulis dalam bentuk  naskah pidato dan surat resmi


8.1













8.2

       Menyusun naskah pidato/sambutan (perpisahan, ulang tahun, perayaan sekolah, dll.)  dengan bahasa yang baik dan benar, serta  memperhatikan penggunaan ejaan
Menulis surat resmi dengan memperhatikan pilihan kata sesuai dengan orang yang dituju


14














12


JUMLAH




108













 
Mengetahui,

Kepala Sekolah                                                                     Guru  Mata Pelajaran


NIP: ………..                                                                         NIP: ……….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar